Laman Adiwiyata

Adiwiyata Programme at MI Muhammadiyah Karanganyar

Logo AdiwiyataProgram Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga madrasah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga madrasah ikut terlibat dalam kegiatan madrasah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi madrasah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga madrasah, sehingga dikemudian hari warga madrasah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi madrasah di Indonesia. Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, keadilan dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Prinsip Program Adiwiyata:

Partisipatif. Komunitas madrasah terlibat dalam manajemen madrasah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab.
Berkelanjutan. Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.

Setelah mendapatkan instruksi untuk melaksanakan program adiwiayata, MIM Karanganyar mulai berbenah. Adapun kegiatan yang sudah dilaksanakan MIM Karanganyar dalam rangka mensukseskan program adiwiyata adalah:

I.KEBIJAKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

A.Menyusun kurikulum memuat upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Menyusun visi, misi dan tujuan madrasah yang memuat upaya pelestarian lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mensosialisasikan visi, misi dan tujuan madrasah yang memuat upaya pelestarian lingkungan kepada semua warga madrasah.

02. Sosialisasi Visi dan Misi (1) 02. Sosialisasi Visi dan Misi

Menyusun struktur kurikulum yang memuat pelestarian lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup pada komponen mata pelajaran wajib, muatan lokal, dan pengembangan diri.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menyusun kriteria ketuntasan minimal pada komponen mata pelajaran wajib, muatan lokal, dan pengembangan diri yang memuat pelestarian lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

B.Menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) memuat program dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Anggaran madrasah untuk upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebesar 20 % dari total anggaran madrasah.

05. Penyusunan RKAS OLYMPUS DIGITAL CAMERA

II.PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN

A.Tenaga pendidik memiliki kompetensi dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran lingkungan hidup.

Tenaga pendidik menerapkan metode yang melibatkan peserta didik secara aktif (demonstrasi, diskusi (FGD), simulasi (bermain peran), pengalaman lapangan, curah pendapat, debat, laboratorium (praktek langsung), penugasan, observasi, dan project percontohan)

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan lingkungan dalam bentuk kegiatan membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan dan kegunaannya dari hasil pengamatan.

06. Part of Animal Body (1) 06. Part of Animal Body

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan lingkungan dalam bentuk kegiatan membandingkan bilangan sampai 500 (mata pelajaran matematika).

07. Membilang 07. Membilang (1)

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan lingkungan dalam bentuk kegiatan membuat daftar bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun, bunga dan buah/biji) berdasarkan hasil pengamatan.

08. Part of Plant Body 08. Part of Plant Body (1)

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan lingkungan dalam bentuk kegiatan menggambar bagian utama tumbuhan secara sederhana.

09. Bunga, Buah dan Biji 09. Bunga, Buah dan Biji (1)

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan lingkungan dalam bentuk kegiatan mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran).

10. Sains_Pertumbuhan pada Hewan (1) 10. Sains_Pertumbuhan pada Hewan (2)

10. Sains_Pertumbuhan pada Hewan (3) 10. Davana, Najma, Nurul, Evi, Habib, Luthfi, Afnan, Ravi, Fahri, Alifa

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan lingkungan dalam bentuk kegiatan mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman).

11. (1) 11.

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan lingkungan dalam bentuk kegiatan mengidentifikasi berbagai tumbuhan disekitar yang berguna bagi manusia dan bermanfaat

12. Manfaat Tanaman Obat 12. Manfaat Tanaman Obat (1)

Mengklasifikasikan gambar alat-alat rumah tangga yang di ambil dari koran bekas berdasarkan energi yang dihasilkan.

13. Identifikasi sumber-sumber energi (1) 13. Identifikasi sumber-sumber energi

Melaksanakan pembiasaan sikap hemat

14. Celengan Kelas 2A MIM Karanganyar (1) 14. Celengan Kelas 2A MIM Karanganyar

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan kertas yang sudah tidak terpakai dalam bentuk kegiatan praktek kerjasama.

16. Mengajarkan Kerjasama (1) 16. Mengajarkan Kerjasama

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan kertas yang sudah tidak terpakai dalam bentuk kegiatan mengurutkan bilangan.

16. Matematika_Mengurutkan Bilangan 16. Matematika_Mengurutkan Bilangan (1)

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan lingkungan dalam bentuk kegiatan tolong menolong.

17. Outing Class ke PMI Kelas 2A 17. Outing Class ke PMI Kelas 2A (1)

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan lingkungan dalam bentuk kegiatan mengetahui pengaruh cahaya matahari bagi tumbuhan.

17. Sains-Manfaat Matahari 17. Sains-Manfaat Matahari (1)

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang menggunakan kardus bekas yang sudah tidak terpakai dalam bentuk kegiatan membuat jam matahari (IPA) dan model rambu lalulintas (PKn).

19. Tugas Liburan PKn_Rambu-rambu Lalulintas (1) 19. Tugas Liburan PKn_Rambu-rambu Lalulintas

Tenaga pendidik mengembangkan isu global yang terkait dengan PPLH melalui kegiatan partisipasi dalam event Green Wave.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tenaga pendidk mengembangkan isu lokal (daerah) yang terkait dengan PPLH melalui pengenalan peserta didik tentang pemanfaatan kotoran ternak yang ada di sekitar madrasah untuk biogas.

21. Biogas 21. Biogas (1)

Tenaga pendidik menyusun RPP yang terkait dengan PPLH.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mengkomunikasikan hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup melalui majalah Azzam.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mengkomunikasikan hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup melalui majalah dinding di depan kelas.

24. Majalah Dinding 24. Majalah Dinding (1)

Mengkomunikasikan hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup melalui pameran.

25. Pameran MIM Karanganyar 25. Pameran MIM Karanganyar (1)

Mengkomunikasikan hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup melalui web-site mimkaranganyar.sch.id.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mengkomunikasikan hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup melalui siaran radio SWIBA FM Karanganyar.

27.Siaran di Radio SWIBA (1) 27.Siaran di Radio SWIBA

Mengkomunikasikan hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup melalui K-TV dan TA-TV.

28. TA TV

Mengkomunikasikan hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup melalui harian umum SOLOPOS.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mengkomunikasikan hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup melalui poster.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mengkomunikasikan hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup melalui spanduk.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mengkomunikasikan hasil inovasi pembelajaran lingkungan hidup melalui baliho.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

B.Peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Peserta didik menghasilkan karya nyata yang berkaitan dengan pelestarian fungsi lingkungan hidup, mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

Membuat makalah tentang pendidikan lingkungan hidup.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Membuat puisi tentang pendidikan lingkungan hidup.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Membuat lagu tentang pendidikan lingkungan hidup.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Membuat gambar tentang pendidikan lingkungan hidup.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menampilkan seni tari tentang pendidikan lingkungan hidup.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Membuat produk daur ulang.

Daur Ulang 2  Daur Ulang

Pembentukan bank sampah MIMOSA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pelayanan nasabah bank sampah MIMOSA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

III.KEGIATAN LINGKUNGAN BERBASIS PARTISIPATIF

A.Melaksanakan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang terencana bagi warga madrasah.

Malaksanakan pemeliharaan dan perawatan gedung dan lingkungan madrasah melalui kegiatan piket kebersihan kelas.

_Piket Kelas 2 _Piket Kelas

Malaksanakan pemeliharaan gedung dan lingkungan madrasah melalui kegiatan jumat bersih.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA  OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Malaksanakan pemeliharaan gedung dan lingkungan madrasah melalui lomba kebersihan kelas dan kegiatan pemeliharaan taman oleh masing-masing kelas.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Memanfaatkan lahan dan fasilitas madrasah melalui kegiatan pemeliharaan taman.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA  OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Memanfaatkan lahan dan fasilitas madrasah melalui kegiatan penanaman TOGA.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA  OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Memanfaatkan lahan dan fasilitas madrasah melalui kegiatan pemeliharaan rumah kaca (green house).

OLYMPUS DIGITAL CAMERA  OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Memanfaatkan lahan dan fasilitas madrasah melalui kegiatan pemeliharaan hutan madrasah.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Memanfaatkan lahan dan fasilitas madrasah melalui kegiatan pembibitan.

_CFP_MIM-OISCA_09  _CFP_MIM-OISCA_08

Memanfaatkan lahan dan fasilitas madrasah melalui kegiatan pemeliharaan kolam ikan.

kelas-2a-mim-karanganyar-mempunyai-kolam-baru_02 kelas-2a-mim-karanganyar-mempunyai-kolam-baru_011

Memanfaatkan lahan dan fasilitas madrasah melalui kegiatan pemeliharaan ternak kelinci.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Memanfaatkan lahan dan fasilitas madrasah melalui kegiatan pengelolaan sampah.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA  OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menambah koleksi tanaman

OLYMPUS DIGITAL CAMERA  35. Penambahan Kleksi Tanaman

Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Lingkungan Hidup dalam bentuk kegiatan pembuatan kertas daur ulang.

Daur Ulang Kertas Daur Ulang Kertas Hasil

Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Lingkungan Hidup dalam bentuk kegiatan pembuatan pupuk kompos.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Lingkungan Hidup dalam bentuk kegiatan penanaman tanaman pertanian organik.

_CFP_MIM-OISCA_08  _CFP_MIM-OISCA_07

Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Lingkungan Hidup dalam bentuk kegiatan pembuatan pestisida organik.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Melaksanakan kegiatan kreativ dan inovasif berupa kegiatan daur ulang sampah.

Daur Ulang 2  Daur Ulang

Melaksanakan kegiatan kreativ dan inovasif berupa kegiatan pemanfaatan dan pengolahan air.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Melaksanakan kegiatan kreativ dan inovasif berupa kegiatan hemat energi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar.

Berpartisipasi dalam penghijauan Gunung Lawu di Ngargoyoso.

_KEGIA~1  _KEGIA~3

Berpartisipasi dalam penanaman tanaman holtikultura di TK Mutiara Hati Tasikmadu.

CFP MIM Karanganyar-OISCA Training Centre_01  CFP MIM Karanganyar-OISCA Training Centre_02

Menjalin kemitraan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan berbagai pihak (masyarakat, pemerintah, swasta, media, madrasah lain).

Memanfaatkan mitra sebagai nara sumber untuk meningkatkan pembelajaran lingkungan hidup yang berupa orang tua, alumni, LSM, media (pers), dunia usaha, konsultan, instansi pemerintah daerah terkait dan madrasah lain.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA  OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dukungan mitra dengan dalam bentuk materi untuk kegiatan yang terkait dengan PPLH dalam bentuk pelatihan, pengadaan sarana ramah lingkungan dan pembinaan dalam upaya pendidikan lingkungan hidup.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA  OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menjadi nara sumber dalam rangka pembelajaran lingkungan hidup di OISCA.

38 Menjadi Narsumber _Menjadi Narasumber di OISCA

Menjadi nara sumber dalam rangka pembelajaran lingkungan hidup di MI Muhammadiyah Mergomulyo

38 Menjadi Narsumber (1)

IV.PENGELOLAAN SARANA PENDUKUNG RAMAH LINGKUNGAN

A.Menyediakan sarana prasarana pendukung yang ramah lingkungan.

Menyediakan sarana prasarana untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup di madrasah sesuai dengan standar sarana dan prasarana Permendiknas no 24 tahun 2007 berupa air bersih, tempat sampah terpisah, komposter, tinja, air limbah/drainase, ruang terbuka hijau dan kebisingan.

Foto Ruang Terbuka Hijau OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menyediakan sarana prasarana pendukung pembelajaran lingkungan hidup yang berupa pengomposan, pemanfaatan dan pengolahan air, hutan/taman/kebun madrasah, green house, toga, kolam ikan, biopori dan sumur resapan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

B.Meningkatkan kualitas pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan.

Memelihara sarana dan prasarana yang ramah lingkungan sesuai fungsinya, seperti ruang yang memiliki pengaturan cahaya dan ventilasi udara secara alami, pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh serta penghijauan serta paving block.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Melaksanakan pelayanan katering meningkatkan kualitas pelayanan makanan sehat dan ramah lingkungan.

Katering_02 Katering_01

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top