Penuh Warna! Lihat Karya Ecoprint Menakjubkan dari Siswa MI Muhammadiyah Karanganyar dengan Teknik Pounding

Karanganyar – Sabtu, 26 Oktober 2024, seluruh siswa kelas 2 MI Muhammadiyah Karanganyar dari kelas 2A hingga 2G mengikuti kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA) dengan tajuk Ecoprint dengan Teknik Pounding. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman sekolah dengan penuh antusiasme dari para siswa.

Dalam kegiatan ecoprint ini, siswa diperkenalkan dengan teknik pounding, yaitu teknik mencetak pola alami menggunakan bahan-bahan dari alam, seperti daun dan bunga, di atas kain. Para siswa diajarkan untuk menempelkan daun atau bunga di atas kain, lalu memukulnya perlahan menggunakan alat pukul hingga warna dan pola dari daun atau bunga tersebut tercetak di kain.

Para siswa tampak sangat antusias mengikuti setiap tahap kegiatan. Mereka dengan penuh semangat memilih daun dan bunga favorit mereka, lalu melakukan teknik pounding di bawah bimbingan guru-guru kelas masing-masing. Beberapa siswa bahkan terlihat saling berbagi bahan dan hasil karya mereka dengan teman-teman sekelas.

“Kami sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini. Selain menambah kreativitas, kegiatan ini juga mengajarkan anak-anak tentang pemanfaatan bahan-bahan alami yang ada di sekitar,” ujar Fatkhunnisak Shoolihah, S.Pd. selaku Koordinator kelas 2.

Kegiatan ecoprint ini bertujuan tidak hanya untuk mengembangkan kreativitas siswa, tetapi juga untuk menanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap alam dan lingkungan hidup sejak dini. Melalui teknik pounding, siswa diajak untuk lebih mengenal dan menghargai keindahan alam, sekaligus menghasilkan karya seni yang ramah lingkungan.

Dengan diadakannya kegiatan ini, MI Muhammadiyah Karanganyar berharap dapat terus mengembangkan berbagai proyek pembelajaran yang mendukung tumbuhnya karakter pelajar Pancasila yang berakhlak mulia dan peduli terhadap alam.

TIM Humas MI Muhammadiyah Karanganyar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top