Dorong Digitalisasi Madrasah, MI Muhammadiyah Karanganyar Terima Bantuan Kit Robotik

Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bantuan Media Pembelajaran Robotik Tahun Anggaran 2025 sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran berbasis teknologi di madrasah. Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu hingga Jum’at, 10–12 Desember 2025, bertempat di él Hotel Jakarta.

MI Muhammadiyah Karanganyar menjadi salah satu penerima manfaat bantuan media pembelajaran robotik pada tahun ini. Bantuan tersebut diterima secara langsung oleh Rizal Romadhony, pendamping ekstrakurikuler robotik di madrasah, yang sekaligus mengikuti rangkaian kegiatan Bimtek bersama para peserta dari berbagai daerah.

Dalam kesempatan pembukaan, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si., selaku Direktur KSKK Madrasah, menyampaikan apresiasi dan selamat kepada madrasah penerima bantuan. Beliau menegaskan bahwa penyediaan kit robotik diharapkan mampu menjadi stimulan dalam memperkuat proses digitalisasi pembelajaran serta mendorong inovasi di lingkungan madrasah. “Bantuan ini diharapkan tidak hanya menjadi perangkat semata, tetapi juga menjadi pemantik kreativitas guru dan peserta didik dalam memanfaatkan teknologi,” ujarnya.

Melalui kegiatan Bimtek tersebut, para peserta memperoleh materi terkait pemanfaatan, pengelolaan, serta strategi implementasi kit robotik dalam pembelajaran. Program ini juga dirancang untuk memperkuat kesiapan madrasah dalam menghadapi perkembangan teknologi dan tuntutan pembelajaran abad ke-21.

MI Muhammadiyah Karanganyar menyambut baik program ini dan berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan kit robotik guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Madrasah berharap kehadiran perangkat tersebut dapat menjadi sarana penguatan kompetensi murid dalam bidang STEM serta mengembangkan budaya literasi teknologi sejak dini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top